Memanfaatkan kekuatan konten dan pemasaran yang Anda lakukan melalui media sosial dapat membantu meningkatkan audiens dan pelanggan Anda secara luar biasa.
Tapi memulai hal ini tanpa memiliki pengalaman atau wawasan sebelumnya dapat menjadi tantangan yang sangat berat.
Sebelum memulai sosial media marketing, pastikan Anda memahami ilmu-ilmu dasar mengenai pemasaran melalui media sosial.
Maka dari itu, memahami dan mematuhi ilmu tentang socialmediamarketer berikut ini akan membantu Anda membangun fondasi yang kuat dalam membangun merek bisnis.
1. Hukum Mendengarkan
Jika Anda ingin sukses dalam proses pemasaran konten melalui media sosial, pastikan untuk menjadi seseorang yang sedikit berbicara namun lebih banyak mendengarkan.
Cobalah membaca konten online dari target audiens Anda dan ikuti diskusinya untuk mempelajari apa yang sesungguhnya penting bagi mereka.
Baru setelah itu Anda dapat membuat konten yang dapat memicu percakapan yang memberi nilai tambah pada kehidupan mereka.
2. Hukum Fokus
Lebih baik menjadi seseorang yang memiliki spesialisasi daripada menjadi jack-of-all-trade. Strategi pemasaran konten yang sangat terfokus untuk membangun brand yang kuat memiliki peluang sukses yang lebih baik daripada strategi yang luas yang mencoba menjadi segalanya bagi semua orang.
3. Hukum Mutu
Kualitas mengalahkan kuantitas. Lebih baik memiliki 1.000 koneksi online yang membaca, berbagi, dan berbicara tentang konten Anda dengan pemirsa mereka sendiri daripada 10.000 koneksi yang hilang setelah terhubung dengan Anda untuk pertama kalinya.
4. Hukum Kesabaran
Keberhasilan sosial media dan konten marketing tidak terjadi dalam semalam. Untuk membangun konten dan merk bisnis yang maksimal memerlukan komitmen jangka panjang dari Anda.
Target audiens akan datang dan menghampiri Anda secara sendirinya disaat Anda berhasil membangun konten yang menarik minat mereka.
5. Hukum Peracikan
Jika Anda mempublikasikan konten berkualitas dan konten yang menakjubkan untuk membangun target audiens online Anda, maka mereka akan memiliki kecenderungan untuk melakukan share dengan khalayak mereka sendiri di Twitter, Facebook, LinkedIn, atau blog mereka sendiri. Hal ini disebabkan karena konten yang Anda buat dianggap bermanfaat dan berguna bagi mereka.
Metode share konten Anda ini membuka titik masuk baru bagi mesin pencari seperti Google untuk menemukannya di pencarian kata kunci.
Titik masuk tersebut bisa berkembang menjadi ratusan atau ribuan cara yang lebih potensial bagi orang untuk menemukan Anda secara online.
6. Hukum Pengaruh
Luangkan waktu untuk menemukan influencer online di pasar Anda yang memiliki khalayak yang berkualitas dan cenderung tertarik dengan produk, layanan dan bisnis Anda. Terhubunglah dengan orang-orang itu dan bangunlah hubungan dengan mereka.
Jika Anda berhasil mendapatkan perhatian mereka sebagai sumber informasi bermanfaat yang menarik, mereka mungkin akan membagikan konten Anda dengan pengikut mereka sendiri, yang dapat menempatkan Anda dan bisnis Anda di depan audiens baru yang besar.
7. Hukum Nilai
Jika Anda menghabiskan seluruh waktu Anda di media sosial hanya untuk sekedar mempromosikan produk dan layanan Anda, maka orang akan berhenti mendengarkan Anda. Cobalah untuk menambahkan nilai pada setiap percakapan atau konten yang dibuat.